10 Perusahaan Terbesar di Dunia 2022 Berdasarkan Pendapatan

Perusahaan merupakan pendorong ekonomi yang membuat perekonomian di suatu negara menjadi baik. Perusahaan juga merupakan salah satu tolak ukur dalam menentukan maju tidaknya suatu negara. Perekonomian dapat tumbuh dengan baik apabila masyarakatnya banyak yang melakukan aktifitas produksi, baik barang maupun jasa. 


Nah, perusahaan memiliki peran penting dalam menghasilkan produk dan menyerap tenaga kerja, sehingga pengangguran dan kemiskinan dapat berkurang. Dari waktu ke waktu semakin banyak perusahaan yang bermunculan, mereka saling bersaing menjadi yang terbesar dan terbaik dalam menghasilkan produk. Banyak diantaranya didominasi oleh perusahaan teknologi seperti Microsoft atau Apple. Kali ini kita akan membahas 10 perusahaan terbesar di dunia menurut jumlah pendapatannya per tahun di tahun 2022. Kita mulai dari urutan ke-10.


10. UnitedHealth (Rp. 4.023 Triliun)

Negara : Amerika Serikat

Markas : Minnetonka, Minnesota

Jumlah Karyawan : 300.000

Kapitalisasi Pasar : Rp. 6.389 triliun

Pendapatan : Rp. 4.023 triliun

United Health Group Incorporated merupakan perusahaan multinasional Amerika yang bergerak di bidang manajemen kesehatan yang berlokasi di Minnetonka, Minnesota. Perusahaan ini menyediakan produk dan asuransi kesehatan. UnitedHealth Group merupakan perusahaan terbesar ke sepuluh di dunia tahun 2022 menurut pendapatannya. 


UnitedHealth juga merupakan perusahaan layanan kesehatan terbesar kedua setelah CVS Health, dan perusahaan asuransi terbesar berdasarkan premi bersihnya. Pendapatan UnitedHealthcare mencakup 80% dari pendapatan UnitedHealth Group. Perusahaan mendapat peringkat ke 8 di tahun 2021 dalam Fortune Global  500. UnitedHealth Group memiliki kapitalisasi pasar Rp. 5.813 triliun pada 31 Maret 2021.


9. CVS Health (Rp. 4.124 triliun) 

Negara : Amerika Serikat

Markas : 1 CVS Drive, Woonsocket, Rhode Island

Jumlah Karyawan : 213.000

Kapitalisasi Pasar : Rp. 1.947 triliun

CVS Health Corporation merupakan perusahaan layanan kesehatan Amerika yang memiliki perusahaan CVS Pharmacy, yang merupakan rantai retail produk farmasi. Perusahaan ini bermarkas di Woosocket, Rhode Island. CVS Health memiliki peringkat empat di daftar 500 Fortune dan peringkat ke tujuh dalam daftar 500 Fortune Global. Pada tahun 2022, perusahaan ini memiliki peringkat ke sembilan diantara 10 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya, dengan pendapatan melebihi Rp. 4.124 triliun.


Selain itu, Consumer Value Stores (CVS) didirikan pada tahun 1963 oleh tiga orang yang mengembangkan perusahaan milik keluarganya. Salah satunya adalah Mark Steven, yang membantu para pengecer mengatur produk kesehatan dan kecantikannya. Bisnis ini dimulai dari rantai produk kesehatan dan kecantikan, namun dalam beberapa tahun merambah ke sektor produk farmasi.


8. Volkswagen (Rp. 4.148 triliun)

Perusahaan : Jerman

Markas : Wolfsburg

Jumlah Karyawan : 662.600

Kapitalisasi Pasar : Rp. 1.900 triliun

Pendapatan : Rp. 4.148 triliun

Volkswagen AG (Volkswagen Group) merupakan perusahaan manufaktur otomotif Jerman. Perusahaan ini berlokasi di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman dan secara tidak langsung merupakan pemilik perusahaan Porsche dan Pich. Perusahaan ini mendesain, memproduksi dan mendistribusikan kendaraan komersial, seperti mobil, sepeda motor, mesin turbo bahkan lokomotif. Volkswagen juga menyediakan layanan terkait seperti keuangan, leasing dan manajemen perkapalan.


Pada tahun 2016, Volkswagen menjadi produsen otomotif terbesar berdasarkan jumlah penjualannya, melampaui Toyota dan mempertahankan gelarnya, dengan menjual 10,9 juta kendaraan di tahun 2017, 2018, dan 2019. Perusahaan ini mempertahankan pangsa pasar terbesarnya di Eropa selama dua dekade. Dan memiliki peringkat ke tujuh pada daftar 500 Fortune Global sebagai perusahaan terbesar di dunia. Pada tahun 2021, Volkswagen menjadi perusahaan otomotif terbesar di Jerman dan terbesar keempat di dunia berdasarkan jumlah produksinya. Volkswagen merupakan salah satu diantara 10 perusahaan terbesar di dunia di tahun 2022 berdasarkan pendapatannya.


7. Saudi Aramco (Rp. 4.741 triliun)

Negara : Saudi Arabia

Markas : Dhahran

Jumlah Karyawan : 66.800

Kapitalisasi Pasar : Rp. 28.333 triliun

Pendapatan : Rp. 4.741 triliun

Saudi Aramco adalah perusahaan minyak mentah dan gas alam negara Saudi Arabia yang bermarkas di Dhahran. Perusahaan ini merupakan salah satu diantara 10 perusahaan terbesar di dunia tahun 2022 berdasarkan pendapatannya. Saudi Aramco memiliki cadangan minyak mentah terbesar kedua di dunia, yang melebihi 270 miliar barrel dan perusahaan dengan produksi minyak harian terbesar di dunia.


Saudi Aramco mengoperasikan Master Gas System, yaitu jaringan hidrokarbon tunggal terbesar. Produksi minyak mentahnya di tahun 2013 mencapai 3,4 miliar barrel dan mengelola lebih dari seribu pengeboran gas dan minyak di Saudi Arabia. Saudi Aramco memiliki cadangan gas alam sebesar 288,4 triliun standard cubic feet (scf). Saudi Aramco mengoperasikan pengeboran minyak darat terbesar yaitu di area Ghawar dan Safania.


6. Berkshire Hathaway (Rp. 5.001 triliun)

Negara : Amerika Serikat

Markas : Kiewit Plaza, Omaha, Nebraska

Jumlah Karyawan : 360.000

Kapitalisasi Pasar : Rp. 10.010 triliun 

Berkshire Hathway Inc. merupakan perusahaan konglomerat holding yang bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Menurut daftar 2.000 Forbes Global, Bershire Hathaway merupakan perusahaan terbesar ke delapan di dunia. Perusahaan ini mendapatkan posisi ke enam perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya.


Selain itu, perusahaan dikendalikan dan dipimpin oleh Warren Buffet, yang menduduki posisi ketua dan pimpinan eksekutif. Wakil presiden perusahaannya bernama Charlie Munger. Pada awal karirnya di Berkshire, Buffet berfokus pada investasi jangka panjang dalam perusahaan go public, namun saat ini beliau lebih sering membeli seluruh perusahaan. Berkshire sekarang memiliki beragam bisnis, seperti konveksi, ritel, rel kereta api, perabot rumah tangga, ensiklopedia, pembersih vakum, perhiasan, manufaktur, distributor seragam, peralatan listrik dan gas.


5. Sinopec Group (Rp. 5.088 triliun)

Negara : Cina

Markas : Beijing

Karyawan : 582.600

Kapitalisasi Pasar : Rp. 1.143 triliun

Pendapatan : Rp. 5.100 triliun

Cina Petroleum and Chemical Corporation (Sinopec) adalah perusahaan minyak dan gas Cina yang bermarkas di Beijing, Cina. Perusahaan ini terdaftar dalam bursa efek Hong Kong dan juga berbisnis di Shanghai dan New York. Sinopec Group merupakan kilang minyak terbesar di dunia, konglomerat gas dan petrokimia yang berlokasi di distrik Chaoyang, Beijing.


Selain itu, Sinopec Limited didirikan pada Februari 2000 sebagai entitas saham dibawah China Petrochemical Corporation Group. Selain itu, Sinopec Group juga merupakan perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia dan perusahaan ke 5 terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya.


4. Apple (Rp. 5.276 triliun)

Negara : Amerika Serikat

Markas : 1 Apple Park Way Cupertino, California

Jumlah Karyawan : 147.000

Kapitalisasi Pasar : Rp. 39.030 triliun

Pendapatan : Rp. 5.276 triliun

Apple Inc. merupakan perusahaan teknologi multinasional Amerika. Perusahaan ini membuat alat elektronik, software computer dan layanan online. Apple Inc. merupakan perusahaan keempat terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya. Pada bulan Januari 2022, Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia, penjual PC terbesar keempat berdasarkan jumlah penjualannya, dan pembuat smartphone keempat terbesar di dunia. Selain itu, Apple merupakan salah satu dari lima perusahaan teknologi besar, seperti Amazon, Alphabet (Google), Meta (Facebook) dan Microsoft.


Pada bulan Agustus 2018, Apple menjadi perusahaan go publik pertama yang bernilai lebih dari Rp. 14.480 triliun. Dua tahun kemudian, Apple menjadi perusahaan pertama yang bernilai lebih dari Rp. 28.960 triliun, dan pada bulan Januari 2022, untuk pertama kalinya memiliki nilai lebih dari Rp. 43.441 triliun. Selain itu, perusahaan ini memiliki loyalitas merek yang tinggi dan memiliki merek paling berharga di dunia.   


3. China National Petroleum Corporation (Rp. 5.406 triliun)

Negara : Cina

Markas : Beijing

Jumlah Karyawan : 432.003

Kapitalisasi Pasar : Rp. 2.139 triliun

Pendapatan : Rp. 5.406  triliun

CNPC (China National Petroleum Corporation) merupakan perusahaan minyak dan gas negara Cina dan salah satu grup energi terintegrasi di dunia. Perusahaan ini bermarkas di distrik Dongcheng, Beijing. CNPC memiliki peringkat keempat dalam Fortune Global 500 tahun 2020, yang memuat peringkat global perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya.


China National Petroleum merupakan perusahaan induk publik terdaftar di PetroChina. Perusahaan ini didirikan pada 5 November 1999 sebagai bagian dari restrukturisasi CNPC. Selain itu, pimpinan China National Petroleum yaitu Zhou Jiping mengumumkan bahwa CNPC akan membuka enam unit bisnis untuk investor pribadi pada bulan Maret 2014. CNPC juga merupakan salah satu dari 10 perusahaan terbesar di dunia di tahun 2022 berdasarkan pendapatannya. 


2. Amazon (Rp. 6.618 triliun)

Negara : Amerika Serikat

Markas : Washington

Jumlah Karyawan : 1,2 juta

Kapitalisasi Pasar : Rp. 21.724 triliun

Pendapatan : Rp. 6.618 triliun

Amazon merupakan perusahaan teknologi multinasional Amerika, bermarkas di Washington, Amerika Serikat. Amazon berfokus pada e-commerce, komputasi cloud, digital streaming dan kecerdasan buatan. Amazon berkolaborasi dengan Google, Apple, Microsoft dan Facebook di Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan salah satu dari lima perusahaan papan atas dalam industri teknologi informasi.


Jeff Bezos mendirikan Amazon pada 5 Juli 1994, di garasinya di Bellevue, Washington. Perusahaan ini berawal dari pasar buku, namun kemudian meluas ke penjualan elektronik, software, video game, apparel, furniture, makanan, mainan dan perhiasan. Amazon merupakan perusahaan terbesar kedua di dunia di tahun 2022 berdasarkan pendapatannya.


1. Walmart Inc. (Rp. 8.269 triliun)

Negara: Amerika Serikat

Markas : Bentonville, Ark

Jumlah Karyawan : 2,2 juta

Kapitalisasi Pasar : Rp. 5691 triliun

Pendapatan : RRp. 8.269 triliun

Walmart merupakan perusahaan retail multinasional Amerika yang mengoperasikan rantai hypermarket, diskon departemen store dan toko kelontong dari Amerika Serikat. Perusahaan ini bermarkas di Bentonville, Arkansas, dan berdiri pada 31 Oktober 1969 dibawah Hukum Perusahaan Umum Delaware. Walmart memiliki 10.526 toko dan klub di 24 negara, beroperasi dibawah 48 nama yang berbeda. Walmart merupakan perusahaan terbesar di dunia pada tahun 2022 berdasarkan pendapatannya.


Referensi :
https://infos10.com/biggest-companies-in-the-world/

0 Response to "10 Perusahaan Terbesar di Dunia 2022 Berdasarkan Pendapatan"

Posting Komentar