Kelebihan dan Kekurangan Toyota Veloz 2022 Yang Harus Anda Tahu

Toyota Veloz dulunya merupakan varian dari Toyota Avanza sang mobil sejuta umat. Dulu, namanya adalah Toyota Avanza Veloz, yang merupakan varian tertinggi Avanza. 

Mulai tahun 2015 Veloz telah berpisah dengan Avanza dan memiliki nama sendiri yaitu Toyota Veloz. Namun, saat itu banyak yang menyebutnya Avanza Veloz karena bentuknya yang masih mirip dengan Avanza.

Baru di akhir tahun 2021 Veloz hadir kembali dengan perbedaan yang cukup banyak dengan Avanza, sehingga orang dapat membedakan dengan mudah mana yang Avanza dan mana yang Veloz. 

Dengan pembaharuan yang cukup signifikan, Toyota Veloz memiliki fitur yang lebih banyak dan desain yang lebih mewah dibandingkan Toyota Avanza. Mulai dari desain interior, eksterior, dan fitur keselamatan banyak mengalami peningkatan. 

Mobil yang berada satu tingkat diatas Avanza ini menyajikan kursi yang lebih nyaman dan fitur hiburan yang lebih lengkap. Banyak yang menganggap mobil ini merupakan upgrade dari Avanza. Kali ini kita akan membahas bersama apa saja kelebihan dan Kekurangan dari Toyota Veloz 2022. 

Kelebihan Toyota Veloz 2022

1. Desain Lebih Keren dan Mewah

Pada versi terbarunya kali ini , Toyota Veloz 2022 hadir dengan tampilan yang lebih mewah. Balutan grile yang lebar ala mobil SUV di bumper depan membuatnya tampak lebih gagah dan sesuai dengan trend sekarang. Interiornya pun juga terlihat keren dengan perpaduan warna hitam dan aksen merah maroon. 

2. Menggunakan Penggerak Roda Depan (FWD) yang Lebih Efisiensi

Sebelumnya, Toyota Veloz menggunakan penggerak roda belakang (RWD) seperti mobil-mobil MPV pada umumnya. Namun, kali ini Toyota Veloz 2022 berubah menjadi penggerak roda depan (FWD) (Rear Wheel Drive). Sistem penggerak ini mempunyai kelemahan dan kekurangannya sendiri begitu juga dengan RWD. 

Kelebihan menggunakan penggerak RWD adalah kabin yang lebih luas, karena gundukan as engkol mobil dihilangkan, sehingga kabin terasa lebih lega. Namun kekurangannya adalah mobil menjadi kesulitan saat melewati tanjakan, sehingga dibutuhkan momentum yang pas agar bisa melewati tanjakan tajam.

Selain itu, sistem penggerak roda depan ini membuat akselerasi mobil lebih bertenaga dan irit bbm. Ini karena tenaga disalurkan langsung ke roda depan sehingga lebih efisien.

3. Fitur Kenyamanan Sangat Banyak, Cocok Untuk Dijadikan Mobil Keluarga

Toyota Veloz 2022 memiliki head unit floating head unit 9” dan TFT MID digital 7” yang terlihat mewah dan modern. Joknya pun sangat empuk, bahkan lebih empuk dari Toyota Avanza 2022. Joknya juga kelihatan mewah dengan kombinasi material fabric dan feather. Ada juga fitur wireless charger yang membuat pengisian daya HP lebih mudah. 

4. Ada Toyota Safety Sense yang Memberikan Keselamatan Prima

Fitur Toyota Safety Sense memberikan keselamatan yang prima pada mobil. Fitur ini terdiri atas Pre-Collision Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist, Rear Crossing Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring. 

Semua fitur tersebut dapat membuat Anda lebih aman saat berada di jalan. Fitur tersebut juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan. Dan bila kecelakaan dapat terhindarkan, maka cedera yang dialami tidak akan separah menggunakan mobil tanpa fitur Toyota Safety Sense.

5. Dilengkapi Transmisi CVT yang Halus 

Toyota Veloz 2022 memiliki varian yang dilengkapi dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) yang lebih halus bila dibandingkan dengan transmisi otomatis biasa AT (Automatic Transmission). 

Jika saat menggunakan mobil dengan transmisi AT masih terasa hentakan perpindahan gigi, maka saat menggunakan mobil dengan transmisi CVT hentakan tidak terasa dan peningkatan kecepatan terasa halus. 

Kekurangan Toyota Veloz 2022

1. Roof Rail Hanya Hiasan

Toyota Veloz mempunyai Roof Rail seperti layaknya mobil SUV Toyota Rush atau Terios. Akan tetapi roof rail pada mobil ini hanya berfungsi sebagai hiasan agar tampak gagah, sehingga tidak bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang di atas mobil sebagaimana mestinya.

2. Belum Dilengkapi Fitur Adaptif Cruise Control

Fitur ini adalah salah satu fitur yang masuk dalam TSS (Toyota Safety Sense). Akan tetapi fitur ini tidak dimasukkan dalah Toyota Veloz 2022. Fitur ini membuat mobil bisa melaju dengan kecepatan tetap tanpa harus menginjak pedal gas. 

Jika mobil Anda mendekati mobil di depan, maka secara otomatis sistem akan mengerem untuk mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman. Cara menggunakannya dalah dengan menekan tombol Cruise Control di area kemudi sebelah kanan.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Toyota Veloz 2022 Yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar